Cara Agar Ikan Bandeng Cepat Besar

Tips Agar Ikan Bandeng Cepat Besar Dan Tidak Bau Lumpur

Cara Agar Ikan Bandeng Cepat Besar Ikan bandeng (Chanos chanos) ialah ikan pangan popular di Asia Tenggara. Ikan ini adalah hanya satu spesies yang masih tetap ada pada suku Chanidae (bersama dengan enam genus penambahan yang diadukan sempat ada tetapi telah punah)[1]. Dalam bahasa Bugis serta Makassar diketahui menjadi ikan bolu, serta dalam bahasa Inggris milkfish) 


Mereka hidup di Samudera Hindia serta Samudera Pasifik serta condong berkawanan di seputar pesisir serta pulau-pulau dengan terumbu koral. Ikan yang muda serta baru menetas hidup di laut saat 2–3 minggu, lantas beralih ke rawa-rawa bakau berair payau, serta terkadang danau-danau berair asin. Bandeng baru kembali pada laut jika telah dewasa serta dapat berkembang biak. 

Ikan muda dimaksud nener (IPA : nənər ) disatukan orang dari sungai-sungai serta di besarkan di tambak-tambak. Disana mereka dapat dikasih makanan apa serta tumbuh secara cepat. Sesudah lumayan besar (umumnya seputar 25–30 cm) bandeng di jual dalam kondisi fresh atau telah dibekukan. Bandeng di proses lewat cara digoreng, dibakar, dikukus, dipindang, atau diasap. 

Tehnologi Nasa Di Bidang Perikanan

PT NATURAL NUSANTARA (NASA) memberi tehnologi yang dibutuhkan untuk tingkatkan hasil produksi bandengan dengan prinsip baik dari sisi jumlah, kualitas dengan masih mengawasi kelestarian lingkungan (Segi K-3). 

Karakter Biologi 

Bandeng adalah ikan herbivore. Herbivora yakni grup hewan yang konsumsi tumbuhan. Bandeng dapat sampai berat rata-rata 0,6 kg saat umur 5-6 bulan dengan pemeliharaan intens. 

Penyediaan Benih 

Benih disiapkan dengan bertahap dengan skema pembenihan sendiri dengan intens supaya membuahkan benih dengan kualitas yang baik. Skema pembenihan dikerjakan pada kolam-kolam spesial, yakni kolam pematangan induk, pemijahan, penetasan serta kolam pembesaran. 

Penentuan induk bandeng 
Induk dengan kualitas unggul akan membuahkan bandeng yang berkualitas unggu juga. Tersebut beberapa ciri bandeng yang baik untuk indukan : 

Bandeng memiliki ukuran tengah atau normal, perbandingan panjang serta berat baik 
Kepala memiliki ukuran kecil, di antara satu peranakan pertumbuhannya yang sangat cepat 
Formasi sisik teratur, mengkilat, licin, serta tidak ada luka 
Pergerakan ikan gesit serta normal 
Usia pada 4-5 tahun. 

Merangsang pemijahan 

Kemalangan gonad bandeng bisa dipercepat dengan hormone LHRH (Letuizing Hormon Releasing Hormon) yang bisa dibeli di toko peternakan atau toko ikan. 

Pemijahan ialah pekerjaan jadikan induk jantan serta betina yang sudah masak sel sperma serta sel telurnya jadi satu supaya berlangsung pembuahan. Sesudah ke-2 indukan di taruh pada sebuah air, sel sperma akan membuahi sel telur sebab skema pembuahan ikan bandeng berlangsung di luar badan. Pekerjaan ini dikerjakan pada kolam spesial pemijahan. 


Telur yang mengapung di kolam pemijahan akan menetas sesudah 24-26 jam dari pertama pemijahan. Telur yang telah menetas lalu bisa menjadi larva yang masih tetap memiliki cadangan makanan dari kuning telur induk, hingga belum butuh dikasih pakan sampai usia 2 hari. 

Menjaga benih 

Sesudah usia 9 hari larva lantas dipindahkan ke kolam pemeliharaan nener. Pada kolam ini larva dikasih pakan alami berbentuk plankton. Percepatan perkembangan plankton dikerjakan dengan pemupukan serta pengapuran. Pemupukan yang pas yaitu dengan memakai pupuk TON yang memiliki kandungan beberapa jenis unsur mineral terpenting untuk perkembangan plankton, yakni N, P, K, Mg, S, Ca, CI dan sebagainya. Pupuk TON pula diperlengkapi dengan asam humat serta vulvat yang dapat melakukan perbaikan struktur serta tingkatkan kesuburan tanah basic kolam dengan dosis 5 botol TON per ha atau 25 gr (2 sumber daya manusia) per 100 m2 pada setiap saat pemasukan air ke kolam.

 Waktu peneneran ialah 8 minggu. Waktu proses peneneran pakan yang dikasihkan berbentuk tepung dengan kandungan protein 30%. Campur pakan dengan VITERNA Plus serta POC NASA untuk meningkatkan nutrisi pada pakan. VITERNA Plus serta POC NASA memiliki kandungan unsur mineral yang terpenting yakni N, P, K, Mg, Ca, Fe, S, Vitamin, Protein serta Lemak yang berguna untuk tingkatkan perkembangan serta kesehatan nener. 

Cara Konsultasi Dan Order :
https://bit.ly/2qs7yiT

Cara Agar Ikan Bandeng Cepat Besar

Persiapan Tempat 

Step ini dikerjakan sebelum waktunya pemasukan air, persiapan tempat mencakup : 

Pencangkulan serta pembalikan tanah. Maksudnya supaya senyawa serta gas beracun dari bekas budidaya awal mulanya bisa hilang serta bibit penyakit akan mati sebab terserang cahaya matahari. 

Ikan bisa hidup pada pH tanah yang konstan yakni pada pH 7 – 8, untuk memperoleh tingkat keasaman itu butuh dikerjakan pengapuran. Pengapuran dikerjakan dengan kapur tohor, dolomit, atau zeolit dengan dosis 1 ton per ha atau 10 kg per 100 m2. 

Pemupukan dikerjakan untuk memberi unsur hara yang diperlukan oleh plankton menjadi pakan alami ikan, untuk melakukan perbaikan susunan tanah, serta menghalangi peresapan air pada tanah yang tidak kedap air. Untuk pemupukan tanah basic kolam, pemakaian TON begitu disarankan, sebab TON memiliki kandungan beberapa asam organik serta mineral-mineral terpenting untuk tingkatkan kesuburan tanah serta perkembangan plankton. 


TON dipakai dengan dosis 5 botol per ha atau 25 gr per 100 m2. 
Pengendalian air. Sesudah pemupukan TON, air lalu dimasukkan sampai tinggi 10-20 cm. Air dilewatkan saat beberapa waktu untuk menumbuhkan bibit plankton. Sesudah itu air dimasukkan kembali sampai tinggi 80 cm atau cocokkan dengan kedalaman kolam budidaya. 

Perpindahan Nener 

Sesudah plankton tumbuh (diikuti dengan air kolam menjadi warna hijau), nener di kolam peneneran dipindahkan ke kolam pembesaran dengan berhati-hati. 

Pemberian Pakan 

Makanan yang disukai oleh bandeng ialah ganggang, lumut, serta klekap. Untuk percepat perkembangan ikan dibutuhkan pakan penambahan bikinan pabrik dengan standard nutrisi yang diperlukan ikan, yakni memiliki kandungan minimum kandungan 25-28%. Waktu pemberian pakan yakni 3-5 kali satu hari. 

Menambahkan VITERNA Plus serta POC NASA pada pakan bikinan bisa tingkatkan perkembangan serta ketahanan badan bandeng. Dosis pencampuran VITERNA Plus serta POC NASA dengan pakan bikinan ialah 2-5 cc per kg pakan lewat cara : 

Timbang pakan sesuai keperluan bandeng 

Pakan dibasahi air, supaya VITERNA Plus serta POC NASA tercampur rata 
Campur VITERNA Plus serta POC NASA sesuai jumlahnya pakan yang dikasihkan dengan dosis 2-5 cc per kg pakan 
Pakan siap untuk dikasihkan

Pengendalian Hama serta Penyakit Bandeng 

Penyakit yang seringkali menyerang bandeng ialah : 

  1. Pembusukan sirip, ini dikarenakan oleh bakteri. Tanda-tanda yang tampak ialah sirip membusuk dari sisi pinggir. 
  2. Vibriosis, tanda-tanda yang bisa tampak ialah pembusukan sirip, nafsu makan turun, sisi perut abuh oleh cairan. 
  3. Penyakit oleh protozoa (jamur), tanda-tanda yang bisa tampak ialah mata buta, sisik mengelupas, insang rusak, banyak berlendir serta nafsu makan hilang. 
  4. Penyakit oleh cacing renik, penyakit ini menyerang sisi insang hingga ikan jadi berwarna pucat serta berlendir. 
  5. Penyakit dari bakteri, parasit ataupun jamur karena disebabkan lingkungan yang jelek. 
  6. Penurunan kualitas lingkungan dikarenakan oleh pencemaran lingkungan dari air sungai. Untuk menangani penurunan kualitas lingkungan bisa memakai TON (Tambak Organik Nusantara) dengan dosis 5 botol per ha atau 2 sumber daya manusia per 100 m2. Pupuk TON bisa menetralisir beberapa gas beresiko akibatnya karena pembusukan kotoran dalam kolam. Kandungan mineral dalam pupuk TON akan menyuburkan perkembangan plankton menjadi pakan alami ikan. 
Itu faktor-faktor terpenting yang butuh dilihat dalam Budidaya Bandeng persembahan dari PT NaturalNusantara dengan keinginan dapat tingkatkan hasil panen serta ramah pada lingkungan. Temukan Paket Budidaya Bandeng NASA cuma dari ditributor sah PT Natural Nusantara. 

Demikian Cara Agar Ikan Bandeng Cepat Besar dengan tehnologi Nasa semoga bermanfaat.

Perlu Bantuan? Janganlah Sungkan! 
Bila Anda Perlu Pertolongan, Atau Perihal -Hal Yang Ingin Ditanyakan, Janganlah Sangsi Untuk Mengontak Kami, Dengan Suka Hati Akan Kami Membantu
Telpon Dan Whatsapp
0812 1218 5704

0 Response to "Cara Agar Ikan Bandeng Cepat Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel